Latest topics
» Laptop/Notebook Windows 7 anda jadi router Wi-Fi??
Tue Feb 21, 2012 10:58 pm by islamsyah

» Perkenalan
Tue Feb 14, 2012 2:31 pm by w1ndu_fu

» Poin & Reputasi??
Wed Oct 26, 2011 9:50 am by Devil666

» SMADAV PRO 8.6
Mon Sep 26, 2011 12:37 pm by w1ndu_fu

» HEX EDITOR FILE .EXE
Mon Sep 26, 2011 11:45 am by w1ndu_fu

» Naruto Manga
Mon Sep 26, 2011 11:42 am by w1ndu_fu

» K-ON!! OST Vol.1
Wed Aug 24, 2011 8:10 pm by sillylazyb0y

» Info Seputar Mobile Aplikasi
Sat Aug 13, 2011 1:05 pm by rahmadlado

» [SHARE] Photo2 Hasil Jepretan kamu
Mon Jul 04, 2011 7:42 pm by Administrator

» [Lounge] Video Video Lucu
Mon Jul 04, 2011 7:25 pm by Administrator

» [Lounge] Nintendo 3DS
Mon Jul 04, 2011 7:22 pm by Administrator

» [Lounge] Playstation Vita
Mon Jul 04, 2011 7:03 pm by Administrator


SEJARAH MARGA TIONGHOA

View previous topic View next topic Go down

SEJARAH MARGA TIONGHOA

Post by Devil666 on Sun Dec 12, 2010 1:39 pm


~ SEJARAH MARGA TIONGHOA ~


Sejarah marga di dalam kebudayaan Tionghoa bermula dari 5.000 sampai 8.000 tahun yang lalu sewaktu masyarakat Tionghoa masih bersifat matrilineal. Pada masa itu, marga diwariskan dari garis ibu, itu yang menyebabkan marga-marga pertama dalam kebudayaan Tionghoa banyak yang mempunyai radikal perempuan (女).

Dua karakter xing (姓) dan shi (氏) yang membentuk arti marga sebenarnya berbeda dalam penggunaanya. Seiring bertambah kompleksnya struktur sosial masyarakat Tionghoa, xing merujuk kepada marga dan shi merujuk kepada klan.

Bila xing muncul pada masa 8.000 tahun yang lalu, maka shi baru muncul pada masa pemerintahan Huangdi (Hanzi: 黃帝, bahasa Inggris: Yellow Emperor). Klan (shi) ini sedikit berbeda dengan marga (xing), bertambahnya jumlah penduduk yang mempunyai marga yang sama kemudian menjadikan beberapa keluarga yang sama marga menginginkan adanya pembedaan garis keturunan lagi. Dari sinilah muncul pembedaan klan dalam marga yang sama. Jadi, shi adalah satu marga kecil dalam marga. Dalam satu marga dibagi lagi atas beberapa klan menurut garis keturunan yang berbeda.

Evolusi dan komposisi marga

Menurut catatan sejarah, jumlah keseluruhan marga Tionghoa sekitar 12.000 buah marga. Marga dengan karakter tunggal mencapai 5.000 buah, marga ganda mencapai 4.000 buah dan sisanya adalah marga antara 3 karakter sampai 9 karakter.

Namun marga yang masih digunakan sampai sekarang hanya berkisar antara 3.000 lebih marga. Marga tunggal mencapai 2.900 buah sedangkan marga ganda hanya 100 marga. Marga dengan 3 karakter ke atas sangat jarang ditemui. Selain itu banyak pula marga yang telah punah.

Komposisi marga di masyarakat Tionghoa sangat tidak merata. Sekitar 100 marga yang paling banyak diketemukan mencakup 87% dari jumlah penduduk Cina.

Tingkatan marga

Di zaman dulu, marga-marga tertentu mempunyai tingkatan lebih tinggi daripada marga-marga lainnya. Pandangan ini terutama muncul dan memasyarakat pada zaman Dinasti Jin dan sesudahnya. Ini dikarenakan sistem Men Di yang serupa dengan sistem kasta di India. Pengelompokan tingkatan marga ini terutama juga dikarenakan oleh sistem feodalisme yang mengakar zaman dulu di Cina. Ini dapat dilihat di zaman Dinasti Song misalnya, Bai Jia Xing yang dilafalkan pada masa tersebut menempatkan marga Zhao yang merupakan marga kaisar menjadi marga pertama.

Di masa sekarang tidak ada pengelompokan tingkatan marga lagi di dalam kemargaan Tionghoa. Bila beberapa marga didaftarkan maka biasanya diadakan pengurutan sesuai dengan jumlah goresan karakter marga tersebut.

Marga Tionghoa di suku-suku minoritas

Marga Tionghoa juga digunakan oleh suku-suku minoritas di Cina dan Taiwan. Ini dikarenakan suku-suku minoritas tadi menerima pengaruh dari kebudayaan Han yang membawa marga. Banyak suku-suku minoritas yang kemudian juga membawa marga Han, dengan karakter Han. Pada mulanya, mereka juga menggunakan marga suku masing-masing dengan mencari nada pelafalan yang lebih kurang sama dengan marga Tionghoa yang umum.

* Suku Hui: Marga Ma (yang berasal dari kata Mohammad)
* Suku Miao: Marga Dao

Marga Tionghoa di Indonesia
Lihat pula: Nama Tionghoa#Daftar nama marga Tionghoa yang diindonesiakan

Marga Tionghoa di Indonesia terutama ditemukan di kalangan suku Tionghoa-Indonesia. Suku Tionghoa-Indonesia walau telah berganti nama Indonesia, namun masih banyak yang tetap mempertahankan marga dan nama Tionghoa mereka yang masih digunakan di acara-acara tidak resmi atau yang bersifat kekeluargaan.

Diperkirakan ada sekitar 300-an marga Tionghoa di Indonesia, data di PSMTI (Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia) mencatat ada sekitar 160 marga Tionghoa di Jakarta. Di Singapura sendiri ada sekitar 320 marga Tionghoa. Atas dasar ini, karena daerah asal suku Tionghoa di Indonesia relatif dekat dengan Singapura maka dapat diambil kesimpulan kasar bahwa jumlah marga Tionghoa di Indonesia melebihi 320 marga.

Marga Tionghoa di Indonesia mayoritas dilafalkan dalam dialek Hokkian (Minnan). Hal ini tidak mengherankan karena mayoritas keturunan Tionghoa-Indonesia adalah berasal dari Provinsi Fujian (Provinsi Hokkian).

Marga yang lazim di kalangan Tionghoa-Indonesia semisal:

* Cia/Tjia (Hanzi: 謝, hanyu pinyin: xie)
* Gouw/Goh (Hanzi: 吳, hanyu pinyin: wu)
* Kang/Kong (Hanzi: 江, hanyu pinyin: jiang)
* Lauw/Lau (Hanzi: 劉, hanyu pinyin: liu)
* Lee/Lie (Hanzi: 李, hanyu pinyin: li)
* Oey/Ng/Oei (Hanzi: 黃, hanyu pinyin: huang)
* Ong (Hanzi: 王, hanyu pinyin: wang)
* Tan (Hanzi: 陳, hanyu pinyin: chen)
* Tio/Thio/Theo/Teo (Hanzi: 張, hanyu pinyin: zhang)
* Lim (Hanzi: 林, hanyu pinyin: lin)
* Lihat daftarnya

Masih banyak lagi marga-marga lain yang dapat ditemui. Salah satu fenomena umum di Indonesia adalah karena marga dilafalkan dalam dialek Hokkian, sehingga tidak ada satu standar penulisan (romanisasi) yang tepat. Hal ini juga menyebabkan banyak marga-marga yang sama pelafalannya dalam dialek Hokkian kadang-kadang dianggap merupakan marga yang sama padahal sesungguhnya tidak demikian.

* Tio selain merujuk kepada marga Zhang (張) dalam Mandarin, juga merupakan dialek Hokkian dari marga Zhao (趙).
* Ang selain merujuk kepada marga Hong (洪) dalam Mandarin, juga merupakan dialek Hokkian dari marga Weng (翁).

Marga Korea, Vietnam dan Jepang

Marga orang Korea, Vietnam dan Jepang adalah bersumber dari marga Tionghoa. Orang Korea masih menggunakan marga Tionghoa yang ditulis dalam karakter Hangul dan dilafalkan dalam bahasa Korea. Marga orang Korea yang lazim ditemukan adalah:

* Kim (Hanzi: 金, hanyu pinyin: jin)
* Park (Hanzi 朴, hanyu pinyin: pu)
* Cho (Hanzi: 曹, hanyu pinyin: cao)

Marga orang Vietnam juga diambil dari marga Tionghoa yang dilafalkan bahasa Vietnam serta ditulis dengan romanisasi huruf Latin. Marga orang Vietnam yang lazim ditemukan adalah:

* Nguyen (Hanzi: 阮, hanyu pinyin: ruan)
* Tan (Hanzi: 陳, hanyu pinyin: chen)

Marga orang Jepang mayoritas merupakan marga ganda dengan 2 karakter atau lebih dan ditulis dalam karakter Kanji, namun juga ada yang hanya mempunyai marga tunggal dengan 1 karakter.
Marga yang umum digunakan

Menurut sebuah studi oleh Li Dongming (李栋明) yang dipublikasikan dalam artikel "Marga" (姓) dalam Majalah Dongfang (东方杂志) (1977), urutan marga Tionghoa paling umum adalah:

Urutan 1-10, yang mencakup hampir 40% pemilik nama Tionghoa di dunia:

* Li 李
* Wang 王
* Zhang 張/张,
* Zhao 趙/赵,
* Chen 陳/陈,
* Yang 楊/杨,
* Wu 吳/吴,
* Liu 劉/刘,
* Huang 黃/黄,
* Zhou 周

Urutan 11-20, yang mencakup lebih dari 10% pemilik nama Tionghoa di dunia:

* Xu 徐,
* Zhu 朱,
* Lin 林,
* Sun 孫/孙,
* Ma 馬/马,
* Gao 高,
* Hu 胡,
* Zheng 鄭/郑,
* Guo 郭,
* Xiao 蕭/萧

Urutan 21-30, yang mencakup hampir 10% pemilik nama Tionghoa di dunia:

* Xie 謝/谢,
* He 何,
* Xu 許/许,
* Song 宋,
* Shen 沈,
* Luo 羅/罗,
* Han 韓/韩,
* Deng 鄧/邓,
* Liang 梁,
* Ye 葉/叶

Urutan 31-45, yang mencakup hampir 10% pemilik nama Tionghoa di dunia:

* Fang 方,
* Cui 崔,
* Cheng 程、
* Pan 潘,
* Cao 曹,
* Feng 馮/冯,
* Wang 汪,
* Cai 蔡,
* Yuan 袁,
* Lu 盧/卢,
* Tang 唐,
* Qian 錢/钱,
* Du 杜,
* Peng 彭,
* Lu 陸/陆
avatar
Devil666
Moderator
Moderator

Posts : 300

Back to top Go down

Re: SEJARAH MARGA TIONGHOA

Post by Machi on Mon Dec 13, 2010 11:11 am

margaku (MOK/) mana oiiii????????
avatar
Machi
Member
Member

Posts : 84

Back to top Go down

Re: SEJARAH MARGA TIONGHOA

Post by valmar on Tue Dec 14, 2010 1:21 pm

marga mok tuh dari bahasa inggris... mok-key (maksa bangat ahhaha)
avatar
valmar
Moderator
Moderator

Posts : 735

Back to top Go down

Re: SEJARAH MARGA TIONGHOA

Post by Devil666 on Tue Dec 14, 2010 6:42 pm

hahhaha...berarti marga u gak dapat urutan yul....untung pan masih ada...wkkwkwkwk....
avatar
Devil666
Moderator
Moderator

Posts : 300

Back to top Go down

Re: SEJARAH MARGA TIONGHOA

Post by Machi on Wed Dec 15, 2010 2:05 pm

hmmm berarti marga ku termasuk marga elit...kyk uchiha gt klo di naruto wkwkwkwk
avatar
Machi
Member
Member

Posts : 84

Back to top Go down

Re: SEJARAH MARGA TIONGHOA

Post by Waynez on Wed Dec 15, 2010 10:21 pm

valmar (Tue Dec 14, 2010 6.21 am) wrote:marga mok tuh dari bahasa inggris... mok-key (maksa bangat ahhaha)

wah, mane boleh kaya gitu, marga tu, berarti seluruh yang mok kena la, wkwkwk,
Bengong

hmm, margaku termasuk 5 besar euy, wkwkwk, mank mantabh la Horray
avatar
Waynez
Moderator
Moderator

Posts : 502

Back to top Go down

Re: SEJARAH MARGA TIONGHOA

Post by Machi on Thu Dec 16, 2010 10:09 am

biarkan jak wen, plg klo tar ada apa2 jgn salahkan aku ye... Babak Belur

mang marga kau ape? sebutkan lah... Bengong
avatar
Machi
Member
Member

Posts : 84

Back to top Go down

Re: SEJARAH MARGA TIONGHOA

Post by Waynez on Thu Dec 16, 2010 7:04 pm

Marga Ku Lee le...mantabh tu, urutan pertama, wkwkwk, tapi ga berarti marga2 lain ga bagus, ato ga hebat, ya, coba lagi di ujian tahun depan, siapa tau bisa jadi no satu toh??wkwkkw
avatar
Waynez
Moderator
Moderator

Posts : 502

Back to top Go down

Re: SEJARAH MARGA TIONGHOA

Post by valmar on Fri Dec 17, 2010 9:07 am

ui..kapan kita mau dota lagi... udah lama nih gak main
avatar
valmar
Moderator
Moderator

Posts : 735

Back to top Go down

Re: SEJARAH MARGA TIONGHOA

Post by Machi on Fri Dec 17, 2010 11:14 am

valmar wrote:ui..kapan kita mau dota lagi... udah lama nih gak main

waaa....momod OOT....
avatar
Machi
Member
Member

Posts : 84

Back to top Go down

Re: SEJARAH MARGA TIONGHOA

Post by valmar on Fri Dec 17, 2010 7:54 pm

ahahha...hbs di warkop gak ada yg jawab sih.... momod delet aja tuh hahah..

susah benar mau ngatur marga...sapa yg tak punya kerjaan sampai nyusun hal beginian ye hahhaha
avatar
valmar
Moderator
Moderator

Posts : 735

Back to top Go down

Re: SEJARAH MARGA TIONGHOA

Post by Waynez on Fri Dec 17, 2010 8:56 pm

ooh, sekarang yang OOT langsung Delete ye, wow, uda strict la ye sekarang, hmm, musti bener2 da ni..wkwkwkw

hmm, kl dolo, yang nyusun beginian kan ahli dari kerajaan yang da lulus ujian n jadi menteri punya kali ya??

n dolo mungkin marga kaya partai, jadi mereka buat2 sendiri, yang penting ada pengikut gitu?
menurut kalian gimana??
avatar
Waynez
Moderator
Moderator

Posts : 502

Back to top Go down

Re: SEJARAH MARGA TIONGHOA

Post by valmar on Fri Dec 17, 2010 9:35 pm

maksud ane suruh momod thread ini hapus post ane...gt..

yah anehnya tuh..emang ada tukang ngedata marga...masa setiap ada marga baru mesti dilaporkan...udah macam pajak dha ahahah
avatar
valmar
Moderator
Moderator

Posts : 735

Back to top Go down

Re: SEJARAH MARGA TIONGHOA

Post by Waynez on Sat Dec 18, 2010 12:12 pm

sama la kaya partai wa, hahaha, yang kaya gini si mank uda ada aturannya dari dolo, clan ba mar, hehehe, tapi si TS, ade ja dapet barang2 ginian ya??hahaha
avatar
Waynez
Moderator
Moderator

Posts : 502

Back to top Go down

Re: SEJARAH MARGA TIONGHOA

Post by Devil666 on Thu Dec 23, 2010 12:15 am

urutan marga tuh diliat dari jumlah orangnya...kyak lim d indo, urutan pertama...karna populasinya paling banyak..bukan diliet hebatnya ato gak..
marga makna dari persaudaraan...contohnya lim...huruf kanji lim terbentuk dari 2 huruf kanji muk(kayu)...terbentuk karna ada sekelompok orang yang lari bersembuyi ke hutan karna perang...lama kelamaan jadi 1 kampung d sana n mengangkat mereka marga lim...yang artinya hutan...di Indo dulunya tan yang pertama karna populasi lim berkembang pesat makanya lim sekarang urutan yang pertama...makanya setiap kue cua yayasan lim duluan sembayang...dulunya kan tan...bergito ceritanya.... Bingo
avatar
Devil666
Moderator
Moderator

Posts : 300

Back to top Go down

Re: SEJARAH MARGA TIONGHOA

Post by matrix22 on Thu Dec 23, 2010 11:47 am

ternyata marga aku urutan ke-5 lho.......

Selamat 02 Selamat 02 Selamat 02
avatar
matrix22
Member
Member

Posts : 8

Back to top Go down

Re: SEJARAH MARGA TIONGHOA

Post by Waynez on Fri Dec 24, 2010 9:39 am

oo, sekarang masih eksis toh yang kaya ginian??hmmkarena luw menambah pengetahuan baru buat g, g kasih
avatar
Waynez
Moderator
Moderator

Posts : 502

Back to top Go down

Re: SEJARAH MARGA TIONGHOA

Post by Devil666 on Mon Jan 24, 2011 10:17 am

itu jempol apa bukan wen????
avatar
Devil666
Moderator
Moderator

Posts : 300

Back to top Go down

Re: SEJARAH MARGA TIONGHOA

Post by Sponsored content


Sponsored content


Back to top Go down

View previous topic View next topic Back to top

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum